UISU Jajaki Kerjasama Dengan BRIN

oleh
oleh

Medan-XMETRO
Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menjajaki kerjasama dengan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional). Hal itu ditegaskan oleh Rektor UISU Prof. Dr. Safrida, SE, MSi baru-baru ini pada acara Seminar Nasional Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, pada 7 Maret 2024 yang lalu.

“Alhamdulillah, dengan hadirnya Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, MSc, sebagai salah seorang narasumber dalam Seminar Nasional Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H yang lalu, terbukalah peluang bagi UISU untuk melakukan MoU dan MoA dengan BRIN yang memiliki 12 organisasi Riset yang ada di BRIN”, Ungkap Prof. Safrida,SE,MSi

Lebih lanjut Prof. Safrida menjelaskan, Informasi yang telah disampaikan oleh Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, MSc, Peneliti Ahli Utama, Pusat Riset Antariksa, BRIN
di Bandung, tentang 12 Organisasi Riset di tubuh BRIN segera akan ditindak lanjuti dalam naskah MoU dan MoA dengan Universitas dan 9 Fakultas di lingkungan UISU.

Seperti yang disampaikan Prof. Thomas Djamaluddin, bahwa BRIN sangat terbuka untuk kerjasama dengan Pendidikan Tinggi, termasuk UISU yang merupakan universitas tertua di luar pulau Jawa ini. Dengan adanya 12 Organisasi Riset yang dikelola oleh BRIN, antara lain Pertanian dan Pangan, Penerbangan dan Angkasa, Kesehatan, Pemerintahan dan Ekonomi, Energi, Teknologi dan Informatika dll

“Tentunya UISU dapat memilih dari 12 organisasi yang ada di BRIN untuk dikerjasamakan dengan Fakultas yang ada di UISU. Misalnya saja Fakultas Agama Islam dengan Organisasi Penerbangan dan Antariksa dalam hal Ilmu Falaq, Fakultas Pertanian dengan Organisasi Pertanian dan Pangan, dan Fakultas Kedokteran dengan Organisasi Kesehatan. Demikian seterusnya, kesesuaian Fakultas yang ada di UISU dengan 12 Organisasi Riset BRIN”. Terang Prof. Thomas Djamaluddin.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Periode 2024-2029, Ir. Indra Gunawan, MP didampingi oleh Sekretaris Umum, M. Idris, SH.MH dan Bendahara Umum, Ir. Armansyah, MT, Sabtu (20/3), menegaskan dan mempertimbangkan tujuan Yayasan UISU mengundang Prof. Thomas Djamaluddin yang merupakan seorang Pakar dalam bidang keantariksaan di level nasional dan internasional, serta peneliti ahli utama pusat antariksa BRIN, tentunya Prof. Thomas Djamaluddin, juga dapat menjadi penghubung antara UISU dengan BRIN untuk dapat melakukan kerjasama.

“Kami, baik dari Akademik UISU maupun Badan Penyelenggara UISU, sangat optimis UISU akan mencapai akreditasi unggul untuk AIPT dan Prodi melalui 9 kriteria akreditasi, yang salah satunya adalah kerjasama (kriteria 2)”, pungkas Indra.(ahmad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *